Profil Diri Guru
Pejuang Abad 21
Oleh:
Achmad Rofiudin
(Rofiudin)
140111001
Dosen
: Mohammad Zahri M.pd
STKIP
AL Hikmah Surabaya
2014
Kata pengantar
Assalamualaikum
wr.wb
Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kehadirat pada
allah .Atas karunia dan rahmatnya
Sehingga saya bisa pelajarangerjakan tugas yang diberikan
.Sholawat serta salam selalu tercurahkan .Kepada nabi kita Muhammad SAW.
Manfaat MK-MMD adalah kita dapat menjadikan pelajaran
dasar (awal )dari perkuliahan kami.Agar kita bisa tau target dari STKIP AL
HIKMAH. Dasar untuk guru pejuang abad 21 Mendidik kami menjadi guru pejuang
alhikmah abad 21 yang berkompeten , disiplin, bertanggung jawab dan ber ahlak mulia.
Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada orang tua dan dosen yang memberikan saya doa dan yang
telah membimbing kami pada saat MK-MMD .
Mohon maaf yang sebesar besarnya jika saya mempunyai
kesalahanterima kasih
1
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
1
DFTAR ISI
2
PENDAHULUAN
3
KAJIAN
TEORI
4
TARGET LULUSAN
5
TARGET LULUSAN SELAMA 4 TAHUN
6
TARGET
2014-2015.................................................................................................................................7
KESIMPULAN...........................................................................................................................................8
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................................................................9
2.
PENDAHULUAN
a. Alasan saya jadi guru:
1) Saya ingin membahagiakan orang tua saya dan
keluarga saya
2) Saya
ingin merubah bangsa ini menjadi contoh yang ahlak nya mulia di dunia
3) guru merupakan profesi yang sangat mulia dan
pahala guru itu tidak putus putus
5)guru bukan untuk mengajar saja tetapi juga
mendidik
b. guru yang menginspirasi saya
guru yang menginspirasi saya adalah saudara saya
sendiri yang namanya adalah sundari dia adalah kepala sekolah di sdn didaerah
kupang surabaya .mengapa saya memilih dia karena saya itu terus dimotivasi sama
beliau supaya untuk kuliah dikarenakan dia juga awalnya orng yang tak punya apa
apa yang awalnya rumah nya kontrakan dan kalau mau kesekolah dia diantar sama
suaminya. Dia terus semangat mendidik siswanya .tetapi dia sekarang telah
mempunyai rumah di perumahan waru sidoarjo.kemudian saya termotivasi untuk menjadi
guru .tapi dengan ahlak mulia dan berkompeten untuk generasi masa depan
c. saya ingin menjadi guru yang seperti apa
saya ingin menjadi guru yang ber ahlak mulia dan
berkompeten . yang selanjutnya saya ingin menjadi guru yang muridnya semua bisa
lebih sukses dari gurunya .saya juga ingin menjadi guru yang disiplin dalam
semua bidang.ingin menjadi guru yang ikhlas dalam mengajarkan kemuridnya.guru
yang dapat memberi rangsangan agar muridnya terus menjalankan akal nya dengan
cara yang kreatif dan inovatif dalam mendidik siswa
d. usaha saya untuk menjalankan target tersebut yaitu dengan :
Belajar otodidak, belajar dengan
teman(diskusi/sering), bertanya pada dosen jika masih masih belum bisa, pergi
keperpustakaan dan tidak lupa dengan do’a
e. tekat dan spirit:
terus berjuang sekuat tenaga. jika masih belum tau
,caranya yaitu dengan cara mencari tau jangan menyerah ,jika masih tidak bisa
caranya bertanya . jangan malas untuk bertanya
3
KAJIAN
TEORI
1)
MENDIDIK
DENGAN KETELADANAN
Keteladanan dalam artian luas adalah berbagai
ucapan,sikap dan perilaku yang melekat dalam seorang pendidik. Jika hal ini
dilakukan pada mahasiswa calon guru,maka dapat membentuk karakter seorang guru
yang mendidik.Adapun faktor keteladanan:
1) Keteladananyang
bersifat multidimensi maksudnya keteladanan dalam berbagai aspek kehidupan . setidaknya ada tiga unsur
agar seseorang menjadi teladan . a) .Kesiapan untuk dinilai dan
mengevaluasi diri sendiri
b)
.Memiliki integritas yaitu adanya kesamaan antara ucapan dengan tindakan yang
akan dilakukan
c)
. Introspeksi diri ,kita harus siap mengkoreksi diri sendiri apa yang kuran
dari kita
d).
Menerima apa adanya yaitu dengan cara kita harus memiliki jiwa yang jujur bisa
menerima apa adanya
e)
.Menerima kapan pun yang artinya kita sebagai seorang pendidik harus menerima
apapuncontohnya kita harus bersabar, setia dll
MEMBERI TELADAN ITU MUDAH TETAPI
MENJADI TELADAN
ITU TIDAK MUDAH
|
2)
Karakteristik Guru Yang professional
Karakteristik guru yang
professional sedikitnya ada karakteristik dan kemampuan professional guru yang
harus dikembangkan, yaitu:
a. Menguasai kurikulum
b. Menguasai materi semua mata pelajaran
c. Terampil menggunakan multi metode
pembelajaran
d. Memiliki akhlak yang mulia
e. Memiliki kedisiplinan dalam segala
bidang
f. Jujur dalam segalanya . dan menerima
apa adanya
g. ikhlas dalam mendidik seorang murid
dalam hal apa saja
4
TARGET
LULUSAN
Kebanyakan orang gagal meraih
tujuan
bukan karena tidak mampu , karena tidak
berkomitmen pada tujuan tersebut.
|
5
Surabaya: MERANCANG
KULIAH MERENCANAKAN MASA DEPAN
|
||||
NO
|
TARGET PADA TAHUN
|
|||
2014-2015
|
2015-2016
|
2016-2017
|
2017-2018
|
|
1
|
Mendapat ipk min 3,6
|
Ipk min 3.7
|
Ipk min 3,8
|
Ipk min 3,8
|
2
|
Bisa bahasa arab dan bahasa ingris
|
Bisa bahasa arab dan bahasa ingris 70%
|
Bisa bahasa arab dan bahasa ingris 80%
|
Bisa bahasa arab dan bahasa ingris 90%
|
3
|
Lancar membaca al qur’an
|
Lancar membaca al qur’an dan tajwid dengan benar
|
Lancar membaca al qur’an dengan tajwid dan mahroj
dengan benar
|
Lancar membacaal qur’an dengan fasih dan lancar
|
4
|
Bisa percaya diri untuk tampil kedepan
|
Percaya diri 70%
|
Percaya diri 80%
|
Percaya diri 100% untuk tampil kedepan
|
5
|
Bisa bangun pagi jam 03.40
|
Bisa bangun pagi jam 03.00
|
Tidur cuman 4jam sehari
|
Tidur cuman 3-4jam sehari
|
6
|
Bisa menguasai kopetensinya 60%
|
Bisa menguasai kopetensi 70%
|
Bisa menguasai kopetensi 80%
|
Bisa menguasai kopetensi 90%
|
7
|
Bisa menjadi motivator pribadi
|
Bisa menjadi motivator teman
|
Bisa menjadi motivator murid
|
Bisa menjadi motivator semua orang
|
8
|
Menghafal alqur’an 3 jus
|
Menghafal + 4 jus
|
Menghafal +3 jus
|
Murojaah
|
6
NO
|
TARGET PADA
TAHUN 2014-2015
|
|||
TARGET
|
USAHA
|
KENDALA
|
SOLUSI
|
|
1
|
IPK 3,6
|
Belajar
dan bertanya pada dosen &teman
|
Malas
& kurang tidur
|
Harus
lebih giat dan harus bisa mengataur waktu
|
2
|
Bisa
bahasa arab& ingris
|
Menghafal
& dengan cara berinteraksi dengan teman menggunakan bahasa tersebut
|
Sering
pelupa untuk menghafal
|
Belajar
terus agr bisa menghafal
|
3
|
Lancar
membaca al qur’an
|
Belajar
terus
|
Kurang
terbiasa membaca dengan tartil
|
Berlatih
lebih giat lagi
|
4
|
Bisa
tidur Cuma 3/4jam
|
Tidur
dilantai
|
Jadwal
padat kemudian susah bangun karena kelelahan
|
Memenege
waktu , tidak makan pada malam hari
|
5
|
Bisa
menjadi motivator
|
Berlatih
memberikan solusi ke pada teman terlebih dahulu
|
Kurang
percaya diri
|
Banyak
berlatik terutama kepada teman dahulu
|
6
|
Memiliki
metode pembelajaran
|
Sering
membaca buku untuk men cari metode yang baik
|
Kurang
membaca buku
|
Belajar
membaca buku minimal 1 minggu 3 buku
|
7
|
Disipin
waktu
|
Membuat
sketdjule
|
Kurang
giat
|
Harus
berkomitmen pada sekedjule
|
7
KESIMPULAN
.
Karakteristik guru yang profesional diantaranya menguasai kurikulum,
menguasai materi semua mata pelajaran,terampil menggunakan multi metode
pembelajaran,memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya, memiliki
kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya,memiliki fisik yang sehat,
mempunyai mental atau keperibadian yang baik,menguasai keilmiahan atau
pengetahuan yang luas, mempunyai keterampilan yang baik.
1.
Pada
kedepannya saya ingin membuat murid saya
menjadilebih sukses dari saya
2.
Saya ingin
menjadi guruyang memiliki kopetensi yang bagus dan akhlak yang nulia
3.
Ingin menjadi
guru yang bisa merubah masa depan bangsa
4.
Ingin mejadi
guru merubah karakter bangsa
Serta
usaha saya
Ø Mencari referensi di perpustakaan
Ø Jika tidak bisa ya saya bertanya pada teman dan
dosen
Ø Mencari di internet pada saat kesusahan
Ø Saya yakin saya pasti bisa menjalankannya denga
do’a, usaha ,ihtiar dan tawakkal
Daftar
putaka
1.
Hidayatullah,
M. Furqon. 2009. GURU SEJATI :Membangun Insan Berkarakter Kuat & Cerdas. Surakarta:Yuma
Pustaka
2.
http://ayieenfysalhabsyie.blogspot.com/2012/03/karakteristik-guru-profesional.html
0 comments:
Post a Comment